Cara Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan

Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan

Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan - Nyeri sendi atau arthritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada sendi anda. Peradangan pada sendi ditandai dengan kemerahan, kaku, dan bengkak pada sendi. Hal ini membuat penderitanya merasakan sakit yang cukup hebat sehingga mengganggu rutinitas mereka.

Nyeri sendi disebabkan banyak faktor, sehingga dokter membutuhkan pendekatan yang lebih intensif untuk mengetahui penyebab pasti dan memberikan solusi yang tepat. Dalam pengobatannya nyeri sendi yang satu dengan yang lainnya besar kemungkinan berbeda dan tergantung pada faktor penyebabnya. Oleh karena itu, ketika anda datang ke dokter, maka dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit (painkillers) sebagai langkah awal menghilangkan rasa sakit sementara untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih tepat.

Kebanyakan penyebab nyeri sendi adalah karena aktifitas yang berat dan bisa juga dari faktor usia. Dalam kesempatan ini saya akan menulis cara mengatasi nyeri nyeri sendi secara alami dan tips tersebut ditujukan untuk nyeri sendi yang ringan. Untuk nyeri sendi yang berat, anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan efektif.

Berikut Cara Mengatasi nyeri sendi secara alami tanpa menggunakan obat :

1. Mengkonsumsi kunyit

Kandungan senyawa aktif kurkumin pada kunyit yang bersifat anti-inflamasi mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada sendi. Cara kerja kurkumin adalah dengan mengendalikan protein penyebab nyeri sendi, menghambat siklooksigenase dan prostaglandin yang menyebabkan inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk mengatasi nyeri sendi bisa dengan banyak cara yaitu dengan mengkonsumsi kunyit segar secara langsung atau mencampurkan bubuk kunyit dengan teh atau minuman lainnya.

2. Minyak Jarak

Tanaman Jarak merupakan bahan utama penghasil biodiesel. Selain itu Jarak bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi karena memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang meredakan peradangan pada beberapa bagian tubuh khususnya sendi.

Untuk meredakan nyeri sendi, anda bisa mencampurkan 2 sdm minyak jarak kedalam segelas air kemudian dimimun. Sedangakan untuk pengobatan luar anda bisa mengoleskan minyak jarak pada bagian yang sakit atau bengkak dan memberikan sedikit pijatan lembut.

3. Campuran Kayu manis dan madu

Selain bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak, kayu manis mengandung tanin, kalsium oksalat, damar, minyak atsiri, safrole yang merupakan anti-inflamasi alami. sedangakan madu memiliki beberapa enzim yang menjadi antiseptik untuk mengatasi infeksi. Khasiat dari Kombinasi kayu manis dan madu sudah dikenal sejak jaman kuno dan salah satunya meredakan nyeri sendi.
Untuk mengatasi nyeri sendi, anda harus mencampurkan 1 sdm kayu manis dengan 2 sdm madu dan mencampurkannya dengan air hangat. Anda bisa langsung meminumnya atau meminumnya sebelum tidur (lebih disarankan).

4. Kompres Dingin Dan Panas

Ini merupakan perawatan paling mudah untuk mengurangi kekakuan dan nyeri sendi. kompres panas berguna untuk mengurangi kekakuan pada sendi, sedangakan kompres dingin mengurangi nyeri pada sendi.

Untuk melakukan perawatan ini anda cukup menyediakan 2 wadah yang berisi air dingin dan air panas (tidak terlalu panas) juga 2 buah handuk kecil yang diletakkan pada masing-masing wadah. Kompres bagian sendi yang sakit secara bergantian.

5. Pemijatan

ini adalah hal yang paling sering dilakukan orang Indonesia ketika mengalami nyeri pada sendi. yaitu memijat bagian sendi yang sakit atau biasa kita sebut urut. Untuk terapi ini disarankan untuk pergi ke ahli pijat yang sudah biasa menanganinya.

Selain cara mengatasi nyeri sendi alangkah baiknya jika anda melakukan langkah pencegahan agar tidak terjadi nyeri sendi. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut langkah pencegahan nyeri sendi :


  • Rajin minum susu : Susu mengandung kalsium yang tinggi yang menjaga tulang dan sendi agar tetap sehat dan kuat.
  • Rutin Berolahraga: rutin berolahraga akan meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas sendi dan otot lainnya.

Demikian Cara Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan. Semoga artikel ini membantu mengatasi nyeri sendi atau menambah pengetahuan anda dalam mengatasi nyeri sendi yang mungkin bisa terjadi pada anda dikemudian hari.

Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Sendi Dan Pergelangan Tangan"

Post a Comment